Photobucket

Saturday, April 23, 2011

Jarum Kristik

Alat utama untuk membuat kristik adalah jarum. Ada macam-macam jarum di pasaran. Jarum mana yang akan dipilih tergantung dari bahan untuk membuat kristik. Jika membuat kristik dengan bahan kawat nyamuk plastik, maka benang yang dipakai adalah benang wol. Karena benang wol tebal, maka jarum yang kita pakai adalah jarum dengan kepala besar. Saya lebih menyukai jarum dengan kepala tumpul, karena tidak akan melukai jari kita. 

Jika kita membuat benang dengan bahan kain, maka benang yang kita gunakan adalah benang sulam, maka jarum yang digunakan adalah jarum yang kecil. Dan ujungnya juga tumpul. Lagi-lagi untuk melindungi jarikita saat bekerja. 

Harga jarum yang digunakan untuk membuat kristik sekarang mahal, lho. Jarum besar yang sering digunakan untuk benang wol sekarang harganya Rp 2000/pc, padahal 4 tahun lalu masih di bawah Rp 1.000,-. Bahkan jarum kecil yang kerap dibeli di HobbyCraft sekarang harganya Rp 20.000,- untuk beberapa buah. Karena itu simpanlah jarum anda setiap kali selesai membuat kristik. Karena begitu ingin memulai lagi, tapi jarumnya tidak ada, akan menghilangkan mood kita.  

No comments:

Post a Comment